Ustadz Yusuf Mansur: Ikhriz, Berjuanglah!

Di hadapan ribuan jamaah yang hadir di Masjid Istiqlal dalam Kajian Islam Bulanan  Istiqlal (KIBI), Ahad (24/7) di Masjid istiqlal Jakarta, Ustadz Yusuf Mansur berulang kali mengatakan “Ikhriz, berjuanglah”.

“Kejar yang manfaat minta tolonglah sama Allah dan jangan lemah,” kata Ustadz Yusuf Mansur.

Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah, namun pada masing-masingnya terdapat kebaikan.

Bersemangatlah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah, dan jangan bersikap lemah.

Apabila sesuatu menimpamu janganlah berkata, ‘Seandainya dahulu aku berbuat demikian niscaya akan begini dan begitu.’ Akan tetapi katakanlah, ‘Itulah ketetapan Allah dan terserah Allah apa yang dia inginkan maka tentu Dia kerjakan.’ Dikarenakan ucapan ’seandainya’ itu akan membuka celah perbuatan syaitan.” (HR. Muslim [2664] lihat Syarh Nawawi, jilid 8 hal. 260).

“Saudara belum bekerja, pengen bekerja dan saudara merasa dengan saudara bekerja saudara akan manfaat, bisa batu ibu, bisa bantu ayah, bisa bantu adik atau minimal tidak memberatkan mereka semua. Jika itu yang saudara rasa, yang saudara cari, yang saudara rasa manfaat, ikhriz, berjuanglah,” ungkap Ustadz Yusuf Mansur.

Kalau memang dirasa itu manfaat, katanya, jangan melihat kemampuan kita. Allah dan Rasulnya bilang, kejar yang manfaat minta tolonglah sama Allah dan jangan lemah, ada Allah. Jangan lihat otak kita, jangan lihat ijazah kita, insyaAllah akan lebih baik. Allah mengatakan minta tolonglah kepada Allah kalau memang mau minta kepada Allah, minta. InsyaAllah Allah akan menolong.

“Jangan jadi orang yang biasa jadilah orang yang tidak biasa yang. Mintalah tolong pada Allah. Allah meminta kita untuk berjalan dan meminta tolong kepada-Nya. Jangan jadi orang yang kecil jangan jadi orang yang lemah,” tutup Ustadz Yusuf Mansur.

Sumber gambar: 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*