Ulama Besar Indonesia Pertama Jadi Imam Di Masjidil Haram “Syaikh  Ahmad Khatib”

Untuk menjadi seorang imam Masijidil Haram tentu tidak sembarangan orang, pasti  harus memiliki keistimewaan dan keutamaan khusus dalam segala hal. Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui bahwa orang Arab saja yang bisa menjadi imam besar di Masjidil Haram, Arab Saudi. Namun tahukah kalian, ternyata ada warga Indonesia, lebih tepatnya putra Minangkabau, Sumatera Barat yang pernah didapuk sebagai imam, khatib, sekaligus guru besar di sana? Dialah Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawai Rahimahullah.

Beliau menjadi imam besar di Masjidil Haram sekaligus mufti bermahzab Syafi’i yakni ulama yang memiliki wewenang untuk memberikan fatwa pada umat di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Sekaligus orang pertama dari Indonesia yang menjadi imam besar di Masjidil Haram.

Dikutip dari muslim.or.id, Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawai keturunan Koto Gadang, Kec. Ampek Angrek Angkat Candung, Kab. Agam, Prov. Sumatera Barat. Lahir, Senin 6 Dzul Hijjah 1276 H bertepatan dengan 26 Mei 1860 M. Kemudian pada usianya yang masih 9 tahun, Syaikh Ahmad Khatib pergi ke Kota Makkah.

Syaikh Ahmad Khatib, orang Indonesia pertama yang menjadi imam besar di Masijid Haram. Beliau memiliki peran penting di Makkah AL-Mukarramah dan di sana menjadi guru para ulama Indonesia. Terkait kisah pengangkatan Syaikh Ahmad Khatib menjadi imam Masjidil Haram, ada dua riwayat  yang berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*