Training Umroh: Semua Bisa Pergi Umroh

Bisa menginjakkan kaki di tanah suci tentu saja menjadi keinginan mereka yang mengaku muslim. Apalagi jika bisa mengajak orang-orang tercinta pergi bersama ke bumi para nabi tersebut. Namun, banyak orang yang merasa tidak mampu untuk pergi umroh karena masalah biaya.

Di Training Umroh yang berlangsung di Wisatahati Center, Jalan KH M Yusuf Raya No. 18 A-B, Sabtu (6/8), dipaparkan langkah-langkah menuju Mekah. Sebelum memasuki materi utama, para peserta training yang sudah berkumpul sejak pukul 8:00 WIB ini dikumpulkan dalam beberapa kelompok kemudian mereka mulai menuliskan kapan akan berangkat umroh dan siapa yang akan mereka ajak.

Setelah peserta menuliskan hajatnya di sebuah kertas, mereka kemudian saling menukarkan kertas-kertas tersebut lalu saling mendoakan. Beberapa peserta juga diminta untuk membacakan doa-doanya di depan peserta yang lain untuk di-aamiin-kan.

Sekitar pukul 09:30 WIB, Ustadz Anwar Sani masuk untuk memberikan materi. Menurut Ustadz Sani, panggilan akrabnya, penting bagi orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya tentang Mekah atau tanah suci agar kecintaan dan keinginan untuk pergi ke sana sudah ada sejak kecil.

Hal ini beliau katakan bukan tanpa alasan. Pasalnya, Ustadz Sani sempat berkisah ketika ia kecil  visualisasinya tentang Mekah adalah bisa naik pesawat, bisa mendapatkan mainan, sehingga yang tergambar hanya hal itu.

Selain itu, beliau juga memaparkan lima langkah menuju Mekah. Yang pertama menguatkan niat, memaksimalkan ikhtiar, sungguh-sungguh berdoa, terbaik dalam sedekah, dan ridho atas keputusan Allah.

Di salah satu poin mengenai memaksimalkan ikhtiar, Ustadz Sani menceritakan kisah seseorang yang sangat kaya, namun selalu menunda-nunda ketika diajak untuk umroh. Hingga akhirnya, ketika kekayaan itu hilang, yang tersisa hanya penyesalan.

“Kalau ada kesempatan langsung laksanakan,” kata Ustadz Anwar Sani.

Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan kalau sungguh-sungguh dalam berdoa, meminta dengan sabar dan salat menjadi langkah-langkah lain yang tidak kalah penting ketika kita ingin pergi umroh.

Materi yang disampaikan oleh Ustadz Sani semakin meyakinkan peserta yang hadir kalau siapa saja bisa pergi umroh. Terakhir, training ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Sani dan salat zuhur berjamaah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*