Tabungan kita

 

Wisatahati Training

 

Setiap orang pasti punya hajat, punya masalah, dan punya dosa. Kita ini punya masalah, di antaranya sebab dosa kita. Dari sisi kita, penyebab masalah adalah karena banyaknya dosa kita dan minimnya amal shaleh kita. Kalau kita bikin tabungan, bisa jadi posisi kita saat ini adalah kita punya tabungan dosa 90% lalu tabungan pahala kita 10%. Kalau posisi Saudara seperti ini, bisa dipastikan hidup Saudara timpang.

Mestinya keadaan itu sebaliknya, tabungan pahala 90%, tabungan dosa 10%, bersih gitu. Allah kasih kesedek, dosa kita bersih. Allah kasih kita kejedot pas lagi jalan, dosa kita jadi bersih. Tapi, kalau sebangsa kita, yang 90% itu dosanya. Berat nih. Tapi Allah Maha Rahiim. Allah banyak ngasih kita kemudahan supaya dosa kita hilang, lalu amal kita bertambah.

Ada satu amal shaleh yang kira-kira begitu kita kerjakan, langsung naik ke atas, memenuhi segala tabung amal kita yang kemudian menghapus sekaligus dosa kita. Contoh, bacaan subhanallah wa bihamdihi subhanllahil ‘aliyyil ‘adzhim. Kalau kita baca ini, meskipun hanya satu kali, itu sudah memenuhi langit dan bumi.

Dua kalimat ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan dan disukai oleh Allah Ar-rahman, yaitu kalimat: “Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘Adzhim” (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah yang Maha Agung).”
(H.R. Bukhari)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*