Perhatikan Hal Ini ketika Bersosial Media

Sosial media sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sekarang ini. Tidak hanya anak muda, anak kecil dan orang tua pun seperti tidak mau ketinggalan menggunakan sosial media.

Tapi, tahukah kalian sahabat penggunaan sosial media yang berlebihan ternyata bisa berefek buruk bagi orang lain bahkan diri kita sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui adab-adab bersosial media.

Pertama. Bagi waktumu. Sebagai pengguna sosial media, kita harus bisa membagi waktu secara proporsional. Jangan sampai kita melalaikan waktu dengan sesuatu yang tidak manfaat. Mempunyai beberapa akun dalam sosia media tidak ada salahnya asalkan memang jelas peruntukannya. Jika sekiranya hanya menimbulkan hal yang sia-sia lebih baik tidak perlu digunakan.

Kedua. Berpikir sebelum bertindak. Ungkapan mulutmu harimaumu sangat cocok menggambarkan fenomena penggunaan sosial media sekarang. Banyak sekali orang yang mem-posting, membagikan, berkomentar sesuatu tanpa berpikir akibatnya. Allah berfirman dalam Q.S Qaf ayat 18:

“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”.

Ketiga. Niatkan hati. Ketika akan masuk ke sosial media, tidak ada salahnya kita meniatkan hati untuk mendapatkan kebaikan. Misal mendapatkan ilmu, menjalin silaturahmi. Jika tujuan bersosial media untuk menyebarkan kebaikan dan berdakwah maka akan berpahala.

Keempat. Tidak semua harus dibicarakan. Pengguna sosial media sudah seharusnya tahu apa hal-hal yang menjadi ranah publik dan ranah pribadi. Ingat! Tidak semua yang kita dengar kita sampaikan. Rasul shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, dari Hafshah radhiyallahu ‘anha :

“Cukuplah seseorang dikatakan berdusta bila menceritakan segala hal yang ia dengar.” [HR. Muslim].

Kelima. Hindari fitnah dan ghibah. Arus informasi yang cepat di sosial media sangat mungkin membuat seseorang kesulitan memilah informasi yang benar atau hanya sekadar gosip. Sebagai pengguna, kita harus pintar-pintar memilahnya agar tidak ikut terjerumus ke dalam fitnah atau ghibah.

sumber 

sumber gambar

Baca juga:

Jaga Hati dengan Cara Ini

Dekati Allah dengan 6 Cara Ini

Tips Obati Galau

1 Comment on Perhatikan Hal Ini ketika Bersosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*