Obati Rasa Lelah Kita dengan Zikir Ini

Ketika rasa lelah menghampiri baik karena pekerjaan, sekolah, kuliah, atau yang lainnya, apa yang kita lakukan? Untuk menghilangkan rasa lelah tersebut mungkin kita akan memilih untuk beristirahat, namun tak jarang justru mengeluh karena pekerjaan yang tidak ada hentinya.

Rasa lelah merupakan hal yang wajar. Ali bin Abi Thalib menuturkan bahwa Fatimah pernah mengeluh kepadanya karena pekerjaan menggiling gandum dengan batu dirasa sangat berat. Fatimah kemudian datang ke rumah Rasulullah untuk meminta budak karena ia mendengar kalau Rasulullah mendapat seorang budak.

Rasulullah kemudian mendatangi Ali dan Fatimah kemudian berkata, “Maukah kutunjukkan kalian kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?”

Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (Alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (Subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.” lanjut beliau. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sejak mendengar petuah dari Rasulullah, Ali tidak pernah meninggalkan wirid tersebut.  yaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berpendapat bahwa siapa yang rajin membaca wirid tadi di waktu malam, niscaya tidak akan merasa kelelahan. Alasannya karena Fatimah yang mengeluh kelelahan pada Rasulullah, lalu beliau mengarahkannya agar membaca wirid tersebut.

Al Hafizh Ibnu Hajar memberikan pendapat yang sedikit berbeda, beliau berpendapat bahwa bila seseorang rutin mengamalkan wirid tersebut, maka ia tidak akan terkena madharat (kerugian) walaupun banyak bekerja. Pekerjaan juga tidak akan terasa berat walaupun sebenarnya pekerjaan tersebut melelahkan.

Hadits tersebut juga berarti bahwa orang yang membaca wirid akan bangun pagi dalam keadaan segar dan penuh semangat, insyaAllah.

sumber 

Baca juga:

Di Balik Keutamaan Salat Dhuha

Manfaat Salat Tahajud

Bacalah Ayat Ini, Bila Keputusasaan Melanda

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*