Mengenal Pencipta Peta Dunia Pertama

Ketika mendengar nama Piri Reis, sebagian dari kita mungkin akan mengernyitkan dahi karena tidak tahu nama itu. Tapi, tahukah kalian kalau Piri Reis merupakan pencipta peta dunia terlengkap.

Ia terkenal karena peta-petanya dalam Kitab-ı Bahriye (Buku Navigasi), dan juga peta dunianya yang diselesaikan pada tahun 1513 dan ditemukan di Istana Topkapi di Istanbul pada tahun 1929.

Sempat hilang beberapa ratus tahun, akhirnya peta tersebut ditemukan. Sayang yang tersisa hanya berukuran 90 x 65 cm dan dibuat di atas sepotong kulit rusa. Peta tersebut ditandatangani oleh Piri Reis sendiri bertanggal Muharam 919 Hijriyah atau 9 Maret – 7 April 1513 Masehi dan dikatakan cukup akurat karena digambarkan dengan lengkap dan cukup detail.

Awalnya, banyak yang sangsi terhadap bukti keberadaan peta tersebut. Di peta yang terlihat jelas hanyalah kawasan Laut Timur Tengah. Sementara kawasan lainnya seperti benua Afrika dan Amerika sama sekali tergambar sangat berbeda.

Barulah setelah gambar hasil pemotretan dari satelit pada zaman modern ini dipadukan dengan peta kuno karya muslim yang bernama asli Ahmed Muhiddin Piri ini ternyata sangat nyata kebenarannya.

Di tahun 1528, Piri Reis menggambar peta dunia kedua, dengan menggunakan dua puluh peta asing dan mappa mundi (Arab, Spanyol, Portugal, Cina, India, dan Yunani), termasuk peta milik Christopher Columbus.

dari berbagai sumber

sumber gambar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*