Hikmah Berzakat yang Harus Kita Ketahui

Lebaran tinggal menghitung hari. Ada salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim sebelum lebaran tiba, yaitu membayar zakat fitrah. Besaran zakat yang harus dikeluarkan sendiri menurut para ulama adalah sesuai dengan penafsiran hadits yaitu sebesar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gr) atau setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi’i dan Maliki).

Zakat fitrah sendiri ternyata mempunyai beberapa hikmah, seperti yang dikatakan oleh Pakar Zakat di Tanah Air, Irfan Syauqi Beik yang dikutip dari republika.co.id berikut:

  1. Zakat sebagai rasa syukur

Setiap Muslim yang membayar zakat fitrah bisa memanfaatkannya sebagai bentuk rasa syukur karena banyaknya limpahan nikmat selama Ramadhan serta implementasi dari keimanan kita kepada Allah SWT.

  1. Bentuk kepedulian terhadap sesama

Berbagi kebahagiaan kepada sesama umat Muslim di hari kemenangan bisa menjadi wujud kepedulian kita terhadap sesama.

  1. Silaturahmi

Dengan zakat fitrah, hubungan persaudaraan sesama umat muslim semakin kuat, dan akan memunculkan rasa saling mencintai antar sesama.

Irfan menambahkan, Islam sesungguhnya mengajarkan umat manusia untuk saling peduli dan berbagi. Sehingga bisa merasakan indahnya kemenangan bersama-sama. Melalui zakat fitrah, Islam benar-benar mengajarkan umat Muslim untuk tidak membiarkan sesama bersedih di Hari Kemenangan.

Sumber: republika.co.id

Sumber gambarĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*