Biar Gak Malas Ngaji

Mungkin kita semua sudah tahu keutamaan dari membaca Alquran, berapa kebaikan yang akan kita peroleh serta pahal yang akan kita dapatkan. Meskipun banyak orang mengetahui hal itu, tetap saja banyak yang malas membaca Alquran. Dalam Alquran surat Fathir ayat 29-30, Allah berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Biar lebih afdol, simak yuk trik-trik biar kita gak malas ngaji berikut:

Simpan Alquran di tempat yang terjangkau

Menyimpan Alquran di tempat yang mudah dijangkau ternyata sangat mempengaruhi. Semakin terlihat justru semakin bagus. Kita bisa menyimpannya di dekat tempat salat, di meja kerja atau meja kamar atau ketika berpergian kita bisa menyimpannya di dalam tas.

Baca juga: Jaga Hafalan Quran Kita dengan Cara Ini

Pilih Alquran favorit

Pilihlah Alquran favorit yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya dengan memilih warna, desain, ukuran Alquran dan huruf.  Semakin sesuai, insyaAllah kita akan semakin semangat membuka Alquran.

Ubah Mindset

Ubah mindset kita kalau membaca Alquran itu bukan kewajiban tapi kebutuhan. Ketika sudah menjadi kebutuhan , membaca Alquran atau mengaji bukan hal yang berat lagi, bahkan kita akan merasa kurang jika sehari saja melewatkannya.

Motivasi diri

Motivasi diri kita sendiri dengan mengingat keutamaan membaca Alquran, jika perlu buat tulisan-tulisan motivasi mengaji  di tempat-tempat yang bisa selalu dililhat.

sumber 

2 Comments on Biar Gak Malas Ngaji

  1. Sy blajar baca alqu’ran …dengan cara dengerin mutoralnya pak UYM….dan sy blajar ngapalin …mksh bnyak pak ustd yusuf mansyur …

  2. Sy ingin menghafal surat arahman al waqiah al mulk yasin adDhuha. Ya Allah buat aku bisa. Pak ustad doakan saya ya. Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*