Besarkan Harapan Jangan Besarkan Masalah

“Allah tidak tidur. Allah memang Maha Baik. Besarkan harapan, jangan besarkan masalah. Yakinlah bahwa selalu ada harapan sebab kita bertuhan Allah SWT,” kata Ustadz Yusuf Mansur.

Susi Wiyayanti berbagi pengalaman sekaligus pelajaran berharga dalam hidupnya. Selama 8 tahun, ia dan suami berbisnis dengan seorang teman yang dipercaya. Alhamdulillah, bisnis tersebut berkembang baik. Susi dan suami bekerja sama sebagai rekan bisnis dengan baik. Hingga akhir tahun 2012 lalu, rekan bisnisnya mulai melakukan kecurangan. Uang perusahaan diambil tanpa sepengetahuan mereka berdua.

Tak lama, semuanya pun terbongkar. Dalam keadaan terdesak, si pelaku bahkan memfitnah suami Susi. Segala perasaan mulai dari sedih, kecewa, dan marah ia rasakan. Segala usaha hingga lapor kepolisian ia  lakukan, tapi tidak berhasil.

Di sisi lain, ia dan suami harus membayar dana ke perusahaan mitra bisnis, yang dananya habis semua diambil oleh pelaku. Susi pun harus merelakan beberapa aset untuk membayar hutang-hutang tersebut.

Ada satu jalan yang lalai Susi prioritaskan, yakni mengadu ke Allah. “Saya makin kencengin sholat malamnya, tidak pernah terlewatkan, juga ibadah-ibadah  sunnah, istighfar, sedekah, tilawah Quran,” ungkapnya.

Jawaban Allah pun datang. Alhamdulillah, tidak butuh waktu lama buat Allah untuk membongkar fitnah yang dibuat rekan bisnis mereka. Hanya 1 hari, semua diperlihatkan Allah kebenarannya.

“Saya dan suami pun sudah mengikhlaskan semuanya, termasuk berdamai dengan situasi yang menyakitkan tersebut. Dan sekarang semuanya sudah lepas, seikhlasnya, bahkan mendoakan yang terbaik buat orang yang sudah mendzolimi kami ini,” lanjutnya.

Keajaiban Allah terjadi lagi. Allah gantikan apa yang hilang dari sebelumnya. Bahkan rumah yang diberikan Allah untuk Susi dan suami, saat ini jauh lebih baik dari rumah sebelumnya. Begitu juga dengan penghasilan dan peluang-peluang bisnis yang mereka dapatkan. Allahuakbar, Allah memang Maha Rahman dan Rahim.

Di saat kita rapuh dan ditimpa masalah. Benar, tidak satu pun apalagi manusia yang bisa mengeluarkan kita dari masalah tersebut. Hanya Allah satu-satunya yang berkuasa mengangkat masalah kita.

So, kenapa harus bersedih dan khawatir lagi? Jika kita adalah hamba dari Rabb yang Maha Kaya, Rabb yang Maha Menguasai Segalanya.

 sumber gambar 

Baca juga:

Catat dan Ikat Ilmu dengan Amal

Akhlak Mulia Rasulullah SAW

Perhatikan Hal Ini ketika Bersosial Media 

2 Comments on Besarkan Harapan Jangan Besarkan Masalah

  1. Alhamdulillah..sejak bergabung bersama org2 positif dsosmed..perubahan hidup mulai ada..sholat sunnah&sedekah bawa berkah utk rumahtangga.satu persatu doa mulai di ijabah sm Allah yg maha kaya&dermawan..mohon doanya jg..biar bisa beli rumah tanpa hutang riba Aamin
    Walaupun utk saat ini bagi kami mustahil beli rumah tanpa hutang..saya percaya Allah yg akan memberi jalan terbaik&mengabulkan harapan agar bisa mengundang anak2 yatim&kurang beruntung dr saya utk mengaji rutin drumah saya kelak..barokallah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*