Al Zahrawi Bapak Ahli Bedah

Ketika kita melihat  alat bedah, teknik dan jenis pengoperasian, pengembangan ilmu kedokteran gigi dan operasi gigi serta peralatan bedah gigi seharusnya mengingatkan kita kepada sosok bernama Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi, El-Zahwari , Az Zahra, Abulcasis karena dialah yang telah berjasa menemukannya.

Di Barat, ia dikenal sebagai Abulcasis. Abulcasis lahir di Zahra, yang terletak di sekitar Kordoba, Spanyol. Di kalangan bangsa Moor Andalusia, dia dikenal dengan nama “El Zahrawi”.

Ia merupakan salah satu pakar di bidang kedokteran pada masa Islam abad Pertengahan, ia juga dokter kerajaan pada masa Khalifah Al-Hakam II dari kekhalifahan Umayyah.

Karya terkenalnya adalah Al-Tasrif, kumpulan praktik kedokteran terdiri atas 30 jilid yang berisi berbagai topik mengenai kedokteran, termasuk di antaranya tentang gigi dan kelahiran anak.

Buku ini diterjemahkan ke bahasa Latin oleh Gerardo dari Cremona pada abad ke-12, dan selama lima abad Eropa Pertengahan, buku ini menjadi sumber utama dalam pengetahuan bidang kedokteran di Eropa. Selain menjadi dokter, ia juga membuat produk kosmetika seperti deodoran, lotion hingga pewarna rambut. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*