Ahmad Dahlan Sang Pembaharu Islam

Muhammad Darwis atau yang lebih dikenal dengan KH Ahmad Dahlan merupakan pendiri salah satu organisasi penting di Indonesia, yaitu Muhammadiyah yang didirikan pada 18 November 1912. Tujuannya, mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam  dan mengajak umat Islam kembali hidup berdasarkan Alquran dan Al Hadist.

Anak keempat dari tujuh bersaudara pasangan KH Abu Bakar dan Siti Aminah ini pernah menetap selama lima tahun di Mekah saat usianya 15 tahun. Selama itu pula, ia mulai mengenal dan berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran pembaharu dalam Islam seperti Muhammad Abduh, Al Afghani, Rasyid Ridha dan Ibnu  Taimiyah.

Sejak saat itu juga, ia merasa perlu mengadakan pembaharuan Islam di kampung halamannya. Langkah pertama yang Ahmad Dahlan lakukan adalah dengan mengubah arah kiblat yang salah, kemudian mengajak memperbaiki jalan dan parit di Kauman.

Pembaharuan yang coba dilakukan oleh Ahmad Dahlan mengundang berbagai protes yang berasal dari keluarga maupun dari masyarakat sekitar. Fitnah, tuduhan, hasutan, datang menyerangnya. Ia bahkan dituduh kyai palsu karena bergaul dengan tokoh-tokoh Belanda yang kristen. Meskipun demikian, ia tetap teguh melanjutkan cita-citanya.

Gagasan pembaharuan yang dilakukan Ahmad Dahlan disebarluaskan dengan cara mengadakan tabligh ke berbagai kota, juga melalui relasi bisnisnya. Upaya yang dilakukan rupanya mendapat sambutan yang positif dari ulama-ulama di daerah lain. Maka, pada 7 Mei 1921 Ahmad Dahlan mengajukan permohonan kepada pemerintah Hindia Belanda saat itu untuk mendirikan cabang-cabang Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Robert W Hefner, Indonesianis asal Amerika Serikat, menyebut Ahmad Dahlan sebagai  sosok pembaharu Islam yang luar biasa di Indonesia, bahkan pengaruhnya melampaui batas puncak pemikiran Muhammad Abduh dari Mesir. Ahmad Dahlan wafat d Yogyakarta pada 23 Februari 1923 dan dimakamkan di Karang Kuncen, Yogyakarta.

sumber

sumber gambar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*